Bintan Triathlon Akan Digelar 1-2 Juni 2024, Target 1.500 Peserta dari 40 Negara

Bintan Triathlon Akan Digelar 1-2 Juni 2024, Target 1.500 Peserta dari 40 Negara. Foto: Kemenparekraf

KABARTIGA.ID, Jakarta – Event Bintan Triathlon, yang merupakan event wisata berbasis olahraga (sport tourism), akan kembali digelar di kawasan pariwisata Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) pada tahun ini.

Event ini diharapkan dapat memperkuat posisi Bintan dan Kepulauan Riau pada umumnya sebagai destinasi unggulan sport tourism di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Vinsensius Jemadu, menyatakan bahwa event pariwisata berbasis olahraga memiliki peran yang sangat efektif dalam menarik wisatawan.

“Bintan Triathlon telah diselenggarakan sebanyak 20 kali, menunjukkan konsistensi Bintan Resorts dalam menyelenggarakan acara ini. Bukan hanya jumlah peserta yang meningkat, tapi juga kualitas penyelenggaraan acara yang semakin baik,” kata Vinsensius Jemadu saat peluncuran “Bintan Triathlon 2024” di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, pada Kamis (7/3/2024).

Hal ini sejalan dengan tujuan pariwisata Indonesia untuk menyelenggarakan acara pariwisata berkualitas yang memberikan dampak positif pada kehidupan sosial, lingkungan, dan ekonomi masyarakat.

Vinsensius juga menekankan kontribusi yang signifikan dari Kepulauan Riau dalam industri pariwisata, dengan target 3 juta wisatawan mancanegara yang diharapkan datang ke wilayah tersebut.

Bintan Triathlon 2024 dijadwalkan berlangsung pada 1 hingga 2 Juni 2024 di Lagoi Bay, dengan lebih dari 1.500 peserta dari 40 negara termasuk Indonesia.

Acara ini akan mencakup beberapa kategori perlombaan, mulai dari Enduro dengan jarak renang 1,5 km, sepeda 80 km, dan lari 20 km, hingga kategori Olympic dan Sprint yang lebih ringan.

Selain kompetisi utama, Bintan Triathlon juga menyediakan kategori khusus untuk remaja dan anak-anak, seperti Kids Splash and Dash, untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan dan inspiratif dalam dunia triathlon.

Chief Operating Officer Bintan Resorts, Abdul Wahab menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan program khusus untuk peserta asal Indonesia, termasuk diskon pendaftaran dan potongan harga di hotel-hotel partner.

Arief Sumarsono, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, menyambut baik dampak positif dari event pariwisata berbasis olahraga terhadap perkembangan pariwisata di Bintan, dengan harapan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke wilayah tersebut.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Kepri, Guntur Sakti, yang menegaskan bahwa Bintan Triathlon merupakan bagian dari upaya besar untuk mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 3 juta di Kepulauan Riau.

“Jumlah tersebut terbagi di empat pintu masuk, yakni Batam sebesar 2,3 juta, Bintan 500 ribu, Tanjung Pinang 100 ribu, dan Kabupaten Karimun sebesar 100 ribu. Dan inilah (Bintan Triathlon) sebagai salah satu bagian dari effort kami,” tandasnya.

Penulis/Editor: Albet

Pos terkait