Wawako Endang Sebut PAUD Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

KABARTIGA, TANJUNGPINANG – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) penting untuk membantu proses tumbuh kembang anak lebih optimal. Banyak manfaat yang bisa didapat oleh anak yang mengikuti PAUD.

“Di sinilah proses tumbuh kembang anak. Mereka bisa belajar bersosialisasi, meningkatkan kecerdasan, dan juga bekal yang baik bagi pendidikan akademik anak nantinya,” kata Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikannya saat membuka kegiatan sosialisasi dan pendampingan penjamin mutu PAUD Kota Tanjungpinang, di Hotel Bintan Plaza, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (6/10/2021).

Endang mengatakan, dalam menyelenggarakan lembaga pendidikan anak, ada 8 standar nasional PAUD yang harus dipenuhi seperti tingkat pencapaian perkembangan anak, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, hingga pembiayaan.

Karena itu, standar nasional lembaga PAUD penting dalam proses menjamin mutu pendidikan dalam rangka membina, membimbing, dan mendidik perkembangan anak sejak dini.

“Standar ini sangat diperlukan dalam keberhasilan program PAUD. Jadi, butuh keseriusan, sehingga tidak asal mendirikan PAUD, tapi harus memenuhi standar,” ucapnya.

Untuk itu, wawako meminta agar peserta betul-betul mencermati yang akan disampaikan narasumber, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan generasi terbaik di kota Tanjungpinang.

“Ini pekerjaan yang tidak ringan, karena banyak komponen yang harus diisi. Jadi, harus benar-benar fokus dan ikuti dengan baik,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Endang Susilawati menyebut penilaian akreditasi lembaga PAUD itu dilihat dari pencapaian 8 standar nasional PAUD yang telah terintegrasi dengan data pokok kependidikan (dapodik).

“Sosialisasi ini berlangsung sehari penuh. Diikuti 26 peserta operator dapodik dari satuan lembaga PAUD,” ucapnya.

Dalam pemberian materi, sosialisasi dilakukan secara daring dan luring. Sedangkan, kegiatan pendampingan akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2021.

“Simak betul-betul materinya. Catat dan bertanya apa yang disampaikan narasumber. Karena, operator ini punya peran penting dalam pendataan dapodik di satuan pendidikan masing-masing,” ujarnya.

Lewat sosialisasi ini, diharapkan pengembangan satuan lembaga PAUD dapat terus ditingkatkan agar pencapaian standar pelaksanaan program PAUD di Tanjungpinang bisa tercapai,” tambah dia.(Red/Diskominfo)

Pos terkait