Rekrutmen PPPK Tenaga Teknis Resmi Dibuka, Apakah Hanya untuk Mereka yang Punya Pengalaman?

Kabartiga – Sejumlah warganet di media sosial ramai mempertanyakan perihal apakah rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Teknis hanya untuk yang sudah memiliki pengalaman saja.

Salah satu akun yang menanyakan hal tersebut adalah akun base @workfess.

“Enlighten me dong, kalo PPPK yg lgi buka ini emang wajib udh punya pengalaman kerja kah? brrti freshgrad belum bisa buat daftar ya? work! TIA,” tanya akun tersebut.

Beragam komentar muncul terkait unggahan tersebut.

“FG tunggu cpns aja. Pppk emg fokus honorer dan yg udah ada pengalaman kerja minim 2 thn,” tulis salah satu akun.

Lantas apakah memang rekrutmen PPPK Tenaga Teknis 2022 harus memiliki pengalaman?

Jawaban BKN
Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama menjelaskan bahwa memang formasi PPPK Tenaga Teknis 2022 hanya dibuka untuk yang sudah memiliki pengalaman.

“Kalau PPPK iya (harus sudah memiliki pengalaman), seperti Pro-Hire kalau di swasta,” ujar Satya, Kamis (22/12/2022).

Meski demikian, Satya menyampaikan bahwa lowongan PPPK terbuka untuk umum sehingga tidak hanya untuk mereka yang berstatus pegawai honorer saja.

“Iya, terbuka untuk umum,” paparnya.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com di beberapa pengumuman rekrutmen PPPK di sejumlah instansi, memang dicantumkan mengenai syarat pengalaman.

Sebagai contoh lowongan PPPK Tenaga Teknis di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Sebagaimana tercantum dalam pengumuman, disyaratkan pengalaman paling singkat dua tahun di bidang yang dilamar dengan dibuktikan surat keterangan pengalaman kerja yang ditandatangani oleh:

Paling rendah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang membidangi Sumber Daya Manusia, bagi pelamar yang memiliki pengalaman bekerja pada Instansi Pemerintah Paling rendah Direktur/Kepala Divisi yang membidangi Sumber Daya Manusia, bagi pelamar yang memiliki pengalaman bekerja pada perusahaan swasta/Lembaga swadaya non-pemerintah/yayasan.

Begitu pula pada rekrutmen di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

Di mana disampaikan pelamar wajib memiliki pengalaman minimal dua tahun di bidang kerja yang relevan dengaan jabatan fungsional yang dilamar untuk jenjang pemula, terampil, dan ahli pertama.

Pos terkait