Kabasarnas Luncurkan 6 Kapal SAR Baru, Kelebihannya Bisa Autopilot

KABARTIGA, BATAM – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi melucurkan 6 kapal SAR kelas 2 di Tanjung Ucang, Batam, Senin (12/4/2021).

Kapal SAR yang diluncurkan itu yakni KN SAR Seta, KN SAR Sanjaya, KN SAR Tetuka, KN SAR Permadi, KN SAR Puntadewa, dan KN SAR Parikesit.

Bacaan Lainnya

Alat utama SAR baru ini merupakan kapal kelas 2 tipe kapal cepat berteknologi cangih dengan spesifikasi panjang 40 meter lebar 7,80 meter, tinggi geladak utama 3,60 meter serta memiliki kecepatan maksimal 30 knot.

Kapal berbahan alumunium ini memiliki 3 mesin 1400hp dengan endurance 60 jam dan daya jelajah 1200 Nm dengan kecepatan 20 knot.

Keenam Kapal ini memiliki kemampuan Auto Pilot serta dilengakapi dengan Echo Sounder, ECDIS, Sea Rider berkapasitas 6 orang, dan alat komunkasi.

Satu Unit diluncurkan pukul 10.30 WIB di galangan PT. Karimun Anugrah Sejati yaitu KN SAR Seta yang rencanaya akan memperkuat armada laut Kantor Pencarian dan Pertolongan Tarakan.

Sejam kemudian, satu unit lainnya dluncurkan di galangan PT. Palindo Marine yaitu KN SAR Sanjaya yang akan memperkuat armada laut Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan.

Dalam kesempatan tersebut, Kabasarnas mengharapkan agar nantinya kapal-kapal itu mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi pelayanan pencarian dan pertolongan.

“Mudah-mudahan dengan peluncuran KN SAR Seta dan KN SAR Sanjaya ini, mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi pelayanan pencarian dan pertolongan sebagaimana peruntukannya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, dan Sistem Komunikasi Pencarian dan Pertolongan Marsda TNI Suparmono, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjung Pinang dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna serta pejabat di lingkungan Basarnas lainnya. (Alt)

Pos terkait