Terima Kunjungan Gubernur Kepri, LAM Minta Dibangun Gedung Baru

KABARTIGA, TANJUNGPINANG – Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meminta Pemerintah Provinsi Kepri membangun gedung LAM yang baru di kawasan Tepi Laut. Pasalnya, gedung LAM Kepri yang telah dibangun di Dompak dipakai Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri.

“Saat ini kita masih pinjam gedung. Gedung LAM Kepri di Dompak saat ini digunakan untuk Kantor Dinas Kebudayaan,” kata Ketua LaM Kepri Abdul Razak saat menerima kunjungan Gubernur Kepri Ansar Ahmad di Sekretariat LAM Kepri, Jalan Agus Salim, Jumat (16/4/2021).

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Datok Sri Wira Utama Abdul Razak mengharapkan Gubernur Kepri bersedia membangun gedung baru. Namun, pembangunan gedung baru itu tak lagi di kawasan perkantoran Provinsi Kepri di Dompak, melainkan di kawasan Tepi Laut, tepatnya Anjung Cahaya.

“Pihak Wali Kota Tanjungpinang sudah mendukung penuh tentang lokasi di Anjung Cahaya untuk tempat dibangunnya Gedung LAM Kepri,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Abdul Razak juga menyinggung rencana pembangunan tugu bahasa dan revitalisasi cagar budaya di Pulau Penyengat. Menurutnya, LAM Kepri akan memberikan dukungan penuh terhadap rencana Pemerintah Provinsi Kepri tersebut.

“Soal tugu bahasa pihak LAM Kepri sudah membuat kesepakatan dengan LAM Riau. Gubernur Kepri dan Gubernur Riau juga sudah setakat. Untuk gedung bahasa dibangun di Riau, sementara tugu bahasa dibangun di Pulau Penyengat,” imbuhnya.

Kendati demikian, Abdul Razak juga meminta seluruh masyarakat Kepri memberikan dukungan penuh kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru dalam membangun daerah.

“Kita harus setakat dan satu kate untuk mendukung Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri saat ini untuk pimpin negeri melayu. Dan kite do’akan agar Haji Ansar Ahmad sebagai gubernur kite selalu sehat dan sukses dalam memimpin serta membangun negeri kite,” ujar Abdul Razak.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan pihaknya memang menaruh perhatian besar terhadap LAM Kepri. Untuk itu, pihaknya sudah menyiapkan Design Engineering Detail (DED) pembangunan gedung LAM Kepri di APBD Perubahan Tahun 2021.

“Insyaa Allah, gedung LAM Kepri mulai kita bangun di Anjung Cahaya pada tahun 2022. Gedung tersebut kita upayakan dibangun megah dengan berornamen kebesaran melayu dan berlatar laut luas,” pungkasnya. (Alt)

Pos terkait