Meninjau Kesiapan Travel Bubble Di Kepri, Gubernur Sambut Kedatangan Menpar & Ekraf RI

KABARTIGA, BATAM – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, SE,.MM menyambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menpar & Ekraf RI) Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA di terminal VIP Bandara Hang Nadim Batam, Jumat (21/1/2022).

Kunjungan Menpar dan Ekraf RI dalam rangka meninjau kesiapan Kepulauan Riau sebelum diberlakukannya travel bubble. Terutama untuk kawasan wisata yang ada di Nongsa Kota Batam dan Lagoi Kabupaten Bintan.

Bacaan Lainnya

Setibanya di Bandara Hang Nadim Batam, Sandiaga Uno sempatkan ringkasan singkat dengan Gubernur Kepri. Dalam kesempatan ini Gubernur menjelaskan tentang kondisi pariwisata Kepri, bagaimana kondisi sebelum pandemi covid-19, selama pandemi dan pasca pandemi.

Gubernur menyampaikan kepada Menpar bahwa kondisi sektor pariwisata di Kepri selama 2 tahun belakangan ini benar-benar telah mengalami keterpurukan karena covid 19. Para pegiat pariwisata juga sudah mulai berteriak karenanya.

“Kemudian kita coba melakukan yang terbaik di Kepri dengan membuka ivent-ivent yang bisa meningkatkan kunjungan pariwisata yang ada,” jelas Gubernur.

Untuk menciptakan rasa aman, nyaman dan sehat bagi dunia wisata, lanjut Ansar, maka Pemprov Kepri menjadi satu-satunya provinsi yang menyiapkan vaksin booster untuk pelaku pariwisata dengan total di Lagoi pada peluncuran beberapa minggu yang lalu dilakukan sebanyak 1.000 orang dan di Nongsa sebanyak 500 orang. Dan totalnya terdapat sekitar 6.500 pekerja wisata, keluarga dan masyarakat di sekitar kawasan wisata Lagoi dan Nongsa yang akan divaksin booster hingga 25 Januari besok.

Mendengar penjelasan singkat Gubernur Kepri tersebut, Menpar dan Ekraf RI Sandiaga Uno menyemangati Gubernur dan jajarannya untuk tetap memberikan yang terbaik untuk Kepri dan masyarakat.

“Kita akan membuka gelembung perjalanan, membuka pelabuhan yang ada di Batam, dan kita bangkitkan lagi ekonomi di Kepri, pokoknya Kepri harus siap untuk bangkit. Kita tau di Kepri ini wisatawan setelah Provinsi Bali,” ujar Sandiaga Uno.

Didampingi langsung oleh Gubernur Kepri, dari Bandara Hang Nadim, Kemenpar dan rombongan langsung menuju Nongsa untuk meninjau langsung kondisi wisata di Nongsa Marina & Resort.

Selanjutnya, sesuai agenda Kemenpar di Kota Batam akan melakukan kegiatan berkumpul bersama di Politeknik Pariwisata Batam, kemudian dilanjutkan dengan sholat Jumat di Masjid Jabal Arafah Batam. Dan usai shalat Jumat, dilanjutkan dengan jamuan makan siang bersama di HarbourBay.

Selesai agenda kegiatan di Kota Batam, Kemenpar nyeberang ke Pulau Bintan untuk meninjau kondisi wisata yang ada di kawasan Lagoi, Bintan.

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad juga mengatakan sangat tertarik kepada Pemerintah pusat yang sejauh ini telah memberikan perhatian khusus dan lebih kepada masyarakat Kepri, terutama dalam upaya menggolkan program travel bubble. Karena kata Gubernur, program travel bubble ini diyakini sangat efektif untuk bisa mengembalikan geliat dunia wisata yang selama pandemi cenderung murung.

“Saya selalu katakan bahwa 2022 ini merupakan momentum bagi Kepri untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi. Selama ini dunia pariwisata adalah sektor yang paling terpuruk akibat pandemi covid-19. Oleh sebab itu, melalui gelembung perjalanan diharapkan dunia pariwisata dapat bangkit lagi,” kata Ansar.(***)

Pos terkait