Bimtek RAD-API, Wawako Endang Berharap Dapat Menjadi Aksi Yang Dapat Diaplikasikan

KABARTIGA, TANJUNGPINANG – Dalam rangka mendukung rencana aksi Nasional dalam pengendalian perubahan iklim, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tanjungpinang menggelar Kick Off dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim (RAD-API) Kota Tanjungpinang.

Kegiatan tersebut, dibuka Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah di aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, kantor wali kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Selasa (22/3/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Endang mengatakan awal 2021 lalu, kita mendapat musibah banjir besar dengan periode ulang 50 tahun. Musibah ini membawa dampak yang terasa besar bagi masyarakat dan menjadi catatan sejarah di Tanjungpinang.

“Belum lagi kekeringan yang setiap tahun dialami, angin kencang dan longsor yang semuanya tergolong dalam bencana hidrometeorologi atau bencana akibat perubahan iklim,” ucapnya.

Karena itu, lanjut Endang, dibutuhkan upaya untuk memperkuat dan membangun strategi antisipasi dampak perubahan iklim di kota Tanjungpinang yang disusun dalam bentuk RAD-API.

Selanjutnya RAD-API ini dijabarkan ke dalam program-program adaptasi perubahan iklim yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan di kota Tanjungpinang.

“RAD-API yang telah disusun nanti, jangan hanya menjadi dokumen mati, namun aksi-aksi yang direncanakan harus diaplikasikan,” tegasnya.

Selain itu, RAD-API ini juga harus diintegrasikan ke dalam dokumen perencanaan daerah seperti RPJP, RPJMD, dan RTRW berikut turunannya serta KRP lainnya yang berpotensi terkena dampak perubahan iklim.

“Saya harapkan peserta dan tim penyusun yang di SK kan benar-benar mengikuti kegiatan ini  hingga selesai, supaya bisa menghasilkan dokumen RAD-API yang baik, terukur, terstruktur, dan bermanfaat bagi kota Tanjungpinang,” harap Endang.

Kegiatan ini, akan dilaksanakan selama dua hari, mulai Selasa (22/3) acara diisi kick off sekaligus sosialisasi diikuti 52 orang peserta, terdiri dari tim group diskusi terpumpun dan tim teknis.

Sementara, Rabu (23/3) diisi dengan kegiatan bimbingan teknis yang akan diikuti 31 orang peserta yang merupakan tim teknis.

Bimtek ini menghadirkan dua narasumber dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Arif Wibowo dan Yadi Suryadi.

Turut hadir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri, Hendri, dan sejumlah kepala OPD terkait pemko Tanjungpinang.

Sumber: DiskominfoTanjungpinang

Pos terkait