7 Cara Melancarkan Haid Tidak Teratur, Mulai dari Jaga Makan

Foto: Ilustrasi

KABARTIGA, JAKARTA – Cara melancarkan haid rupanya belum banyak diketahui oleh para perempuan. Khususnya mereka yang punya siklus menstruasi tidak teratur.
Siklus menstruasi tidak teratur misalnya haid terjadi setiap beberapa bulan sekali. Padahal siklus menstruasi yang teratur rata-rata terjadi setiap 28-32 hari dengan durasi selama 3-7 hari.

Ada sejumlah cara melancarkan haid yang bisa dicoba agar siklus menstruasi jadi teratur. Anda bisa mencoba cara yang alami mulai dari menerapkan gaya hidup sehat sampai mencoba mengonsumsi minuman tradisional.

Bacaan Lainnya

1. Konsumsi makanan sehat

Ibarat ungkapan you are what you eat, maka apa pun yang Anda konsumsi itulah yang berpengaruh pada tubuh Anda, termasuk dampaknya ke siklus haid.

Untuk itu, penting bagi perempuan untuk menjaga makan dengan mengonsumsi makanan sehat. Salah satunya makan kacang yang mengandung lemak baik dan asam lemak omega-3 yang dipercaya bisa melancarkan haid.

Selain itu, penuhi juga asupan vitamin C dan D. Keduanya juga dipercaya membantu melancarkan haid. Untuk vitamin C biasanya terkandung di buah-buahan. Vitamin D bisa didapat dari paparan sinar matahari dan suplemen harian.

Sementara untuk makanan yang dihindari berupa makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan dengan pemanis buatan serta pengawet. Sebab, kandungan zat dalam makanan seperti itu bisa membuat siklus haid jadi berantakan.

2. Olahraga

Sebisa mungkin rutinlah berolahraga. Hal ini bisa membuat berat badan Anda menjadi ideal, yang juga merupakan faktor penting untuk melancarkan haid dan menjaga siklus menstruasi.

Selain itu, olahraga juga bisa mengurangi risiko penyakit. Salah satunya polycystic ovary syndrome (PCOS) yang merupakan penyebab haid tidak lancar.

3. Istirahat cukup

Istirahat yang cukup diperlukan agar tubuh tidak kelelahan. Sebab, kelelahan bisa membuat kerja organ dan hormon jadi tidak seimbang sehingga berdampak ke haid.

Maka dari itu, usahakan untuk mendapat istirahat yang cukup, seperti tidur 7-8 jam pada malam hari.

4. Jangan stres

Stres juga bisa mengganggu kerja hormon sehingga membuat siklus haid tidak teratur. Salah satunya membuat hormon kortisol meningkat, padahal ini bisa mengganggu siklus haid.

Untuk itu, jangan stres atau minimal kelola stres Anda agar tidak menumpuk. Anda bisa merilekskan diri dengan meditasi, yoga, dan lainnya. Cara melancarkan haid ini tidak hanya mengurangi stres, tapi juga menyehatkan tubuh.

5. Ganti alat kontrasepsi

Sebagian perempuan yang telah menikah memiliki siklus haid yang tidak lancar karena ada gangguan hormon usai menggunakan alat kontrasepsi demi menghindari kehamilan. Biasanya ini terjadi jika menggunakan KB suntik.

Kondisi ini bisa diatasi dengan mengganti alat kontrasepsi, misalnya IUD yang tidak berdampak ke kerja hormon. Tapi, ada baiknya penggantian alat kontrasepsi ini dikonsultasikan dulu ke dokter.

6. Terapi hormon

Terapi hormon bisa dilakukan untuk perempuan dengan siklus haid tidak teratur maupun sulit hamil. Hal ini dilakukan dengan mengonsumsi obat tertentu.

Obat tersebut mengandung hormon estrogen dan progesteron dalam dosis tertentu yang bisa membantu kelancaran siklus haid.

7. Minum minuman tradisional

Cara melancarkan haid yang cukup populer adalah minuman tradisional yang mengandung kayu manis. Melansir kajian American Journal Obstetrics & Gynecology, disebutkan bahwa kayu manis bisa jadi pengobatan yang efektif terhadap PCOS.

Kayu manis juga bisa mengurangi nyeri dan perdarahan saat menstruasi. Selain kayu manis, biasanya jahe dan kunyit juga diminum untuk bantu melancarkan haid.

Bahkan menurut Phytotherapy Research, jahe juga bisa mengurangi volume darah menstruasi pada kasus pendarahan berat. Cara melancarkan haid dengan minuman tradisional ini cukup mudah, bisa dibuat sendiri maupun dibeli versi instannya di pasaran.

 

Sumber: CNN Indonesia

Pos terkait