Lukas Enembe, Mantan Gubernur Papua Meninggal di RSPAD Jakarta

Lukas Enembe semasa masih menjabat sebagai Gubernur Papua. Lukas Enembe meninggal di RSPAD Jakarta pada Selasa (26/12/2023). Foto: Dok Pemprov Papua untuk Kabartiga.id

KABARTIGA.ID, Jakarta – Mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (26/12/2023).

Kabar itu disampaikan oleh mantan juru bicara Lukas Enembe, Muhammad Rifai Darus.

Bacaan Lainnya

“Telah meninggal dunia Yang terkasih: Bapak Lukas Enembe mantan Gubernur Papua pada pagi ini jam 11.00 di RSPAD, Jakarta,” ujar Rifai dikutip dari CNBC Indonesia.

Dalam pesan itu, Rifai juga memohon doa dari seluruh masyarakat Papua dan Indonesia atas kepergian Enembe. Sosok yang disebutnya sebagai Bapak Pembangunan Papua.

“Mohon dimaafkan atas segala salah dan khilaf,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Lukas merupakan tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus suap dan gratifikasi terkait sejumlah proyek infrastruktur di Papua.

Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta telah memvonis Lukas dengan hukuman 8 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 4 bulan kurungan.

Lukas juga dibebani kewajiban membayar uang pengganti sebanyak Rp19,6 miliar.

Awal bulan ini, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dalam sidang vonis banding memperberat hukuman Lukas menjadi 10 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 4 bulan kurungan.

Selain pidana pokok, hakim pengadilan tingkat banding juga mewajibkan Lukas untuk membayar uang pengganti sebanyak Rp 47,8 miliar.

Lukas diwajibkan membayar uang pengganti itu dalam waktu 1 bulan, bila tidak maka hartanya akan disita dan bila tidak mencukupi maka hukumannya ditambah 5 tahun penjara.

Penulis/Editor: Albet

Pos terkait