Tinjau Rencana Pembangunan SKI di Tanjungpinang, Sandiaga Uno: Lokasinya Pas dan Strategis

Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno meninjau lokasi pembangunan SKI Kemenparekraf di Kawasan Gurindam XII, Kota Tanjungpinang, Kepri, Minggu (31/12/2023). Foto: Andri Mediansyah untuk Kabartiga.id

KABARTIGA.ID, Tanjungpinang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno meninjau lokasi pembangunan Sentra Kreatif Indonesia (SKI) Kemenparekraf di Kawasan Gurindam 12, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (31/12/2023).

Peninjauan SKI tersebut turut didampingi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dan sejumlah pejabat daerah Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Bacaan Lainnya

Sandiaga Uno menyebutkan, pembangunan SKI ini merupakan Unit Pelaksana Tugas (UPT) Bidang Ekonomi Kreatif Kemenparekraf yang akan menjadi salah satu ikon ekonomi pariwisata Indonesia yang ada di Provinsi Kepri.

“Dibangunnya SKI di Kepri ini merupakan apresiasi kami kepada Gubernur Kepri yang telah berkontribusi dan sangat peduli akan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga Uno.

Dikatakan Sandiaga Uno, peningkatan sektor ekonomi kreatif saat ini yang meningkat pesat juga diharapkan menjadi potensi untuk kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia termasuk di Provinsi Kepri.

Tak hanya itu, Sandiaga Uno juga mengatakan pembangunan Sentra Ekonomi Kreatif Kemenparekraf di Kepri ini sangat tepat dan strategis karena langsung berhadapan dengan Pulau Penyengat yang merupakan ikon pariwisata kota tersebut.

“Untuk itu, kami yakin ini menjadi potensi yang besar, apalagi mengingat sektor ekonomi Kreatif yang mulai pesat. Baik itu sektor kulinernya, fashion, juga kriya dan budaya seperti keberadaan Pulau Penyengat ,” kata Sandiaga Uno.

Menurutnya, nantinya untuk pembangunan fisik bangunan SKI Kemenparekraf ini membutuhkan anggaran sebesar Rp50 miliar.

“Namun yang terpenting itu akan berisi 17 sub sektor ekonomi kreatif yang akan menjadi bagian dari SKI Kemenparekraf ini seperti sektor musik, film, animasi, arsitektur, kriya, kuliner, dan lainnya dan akan kita kolaborasikan dengan dunia industri nantinya,” tegas Sandiaga.

Pembangunan SKI Kemenparekraf ini nantinya akan selesai pada tahun 2025 atau dua tahun masa anggaran dengan waktu pembangunan dua tahun anggaran.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengucapkan terimakasih kepada jajaran Kemenparekraf yang telah memberikan perhatian ke Provinsi Kepri dengan bakal dibangunnya SKI Kemenparekraf.

“Terimakasih kepada pak menteri dan pemerintah pusat atas perhatiannya yang luar biasa ke Provinsi Kepri,” kata Ansar.

Ansar mengatakan bahwa pihaknya akan mendukung penuh kelancaran pembangunan SKI Kemenparekraf ini dengan terus melengkapi kawasan Gurindam XII ini.

“Apalagi SKI Kemenparekraf ini dibangun dikawasan strategis Gurindam XII, sehingga nantinya juga akan berdampak pada peningkatan ekonomi kreatif di Kepri” ujar Ansar. (*)

Penulis/Editor: Albet

Pos terkait