Puntung Rokok Penyebab Kebakaran Lahan, Buruh Bangunan Diamankan Polisi

KABARTIGA, TANJUNGPINANG – Seorang buruh bangunan di Tanjungpinang, Kamsan (44), harus berurusan dengan polisi gara-gara membuang puntung rokok yang mengakibatkan kebakaran di lahan kosong di samping ruko Takasinaya, Jalan DI Panjaitan, Batu 7, Rabu (24/2/2021). Ia pun ditetapkan sebagai tersangka.

Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP Firuddin mengatakan, kebakaran itu terjadi ketika Kamsan membuang puntung rokok saat melakukan renovasi ruko empat lantai, toko Takasinaya. Saat itu, tersangka membuat puntung rokok dalam keadaan menyala.

Bacaan Lainnya

“Tersangka membuang puntung rokok yang masih hidup ke tumpukan sampah yang mengakibatkan kebakaran di lahan tersebut,” kata Firuddin saat menggelar konferensi pers di Mapolsek Tanjungpinang Timur, Kamis (25/2/2021).

Ia menyebutkan, kebakaran akibat puntung rokok itu melahap lahan seluas hampir 3.000 meter persegi. Lahan tersebut merupakan lahan kosong yang terletak tepat di samping toko meubel Takasinaya, Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

“Kebakaran itu karena kelalaiannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Firuddin, pihaknya telah mengamankan barang bukti serta memintai keterangan sejumlah saksi dalam perkara tersebut. Akibat perbuatannya, Kamsan diduga Melanggar Pasal 188 KUH Pidana dengan ncaman hukuman 5 tahun penjara.

“Saat ini, tersangka telah diamankan di Mapolsek Tanjungpinang Timur untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” pungkasnya. (red)

Pos terkait