Jokowi Lantik Maruli Simanjuntak Jadi KSAD, Ini Profilnya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Foto: Setkab/Kabartiga.id

KABARTIGA.ID, JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (29/11/2023).

Pelantikan Maruli Simanjuntak didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 103/TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Bacaan Lainnya

Keputusan tersebut, yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta pada tanggal 29 November 2023, dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden, Laksda TNI Hersan.

Setelah pembacaan Keppres, Presiden Jokowi melaksanakan penyematan tanda pangkat jabatan KSAD kepada Maruli. Selanjutnya, Presiden Jokowi memimpin sumpah jabatan yang diucapkan oleh Maruli sebagai KSAD.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh Presiden Jokowi dan Maruli Simanjuntak, dengan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai saksi.

Maruli Simanjuntak menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang telah dilantik menjadi Panglima TNI. Dengan pelantikan tersebut, Maruli mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal.

Kenaikan pangkat tersebut diberikan berdasarkan Keppres Nomor 104/TNI Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Acara ditutup dengan ucapan selamat dari Presiden Jokowi kepada Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dihadiri oleh sejumlah tamu undangan.

Mengutip Liputan6.com, Maruli Simanjuntak, seorang pria kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 27 Februari 1970, adalah anak ketiga dari lima bersaudara dari keluarga Batak yang merantau ke Jawa.

Ayah Maruli Simanjuntak adalah seorang guru, sementara ibunya bekerja sebagai perawat. Sebelum menjabat sebagai KSAD, Maruli memegang jabatan sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) sejak 31 Januari 2022.

Maruli adalah lulusan Akademi Militer pada tahun 1992 dan telah memiliki karier militer yang panjang. Dia telah menjabat dalam beberapa posisi strategis selama kariernya.

Tak hanya itu, Maruli Simanjuntak adalah menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Ia menikah dengan putri Luhut yang bernama Paulina Panjaitan sejak tahun 1999.

Dalam karier militernya, Maruli pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon (Danyon) 21 Grup 2 Kopassus. Dia juga pernah menjabat sebagai Komandan Sekolah Komando Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdikpassus).

Ia juga dipercaya sebagai Wakil Komandan Grup 1 Kopassus dan menjabat sebagai Komandan Grup 2 Kopassus hingga tahun 2014. Pada tahun yang sama, ia juga menjabat sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) hingga tahun 2016.

Maruli kemudian menjabat sebagai Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama pada tahun yang sama. Prestasinya sebagai Danrem terbaik dalam bidang Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional pada tahun 2016 menjadi penghormatan bagi dirinya.

Sebelum dilantik menjadi Kasad, Maruli menjabat sebagai Wakil Komandan Paspampres dari tahun 2017 hingga 2018. Selanjutnya, ia menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer IV/Diponegoro.

Setelah itu, ia kembali mendapatkan promosi jabatan sebagai Komandan Paspampres dan memegang posisi sebagai Pangdam IX/Udayana. Pada awal tahun 2022, Maruli menjabat sebagai Pangkostrad.

Pada 29 November 2023, Maruli Simanjuntak resmi dilantik sebagai KSAD, menggantikan posisi Jenderal Agus Subiyanto yang kini menjadi Panglima TNI.

Melalui jabatannya yang baru, Maruli Simanjuntak kini resmi menyandang pangkat Jenderal TNI.

 

Penulis: Kabartiga.id
Editor: Albet

Pos terkait