Menang Adu Penalti Lawan Prancis, Jerman Juarai Piala Dunia U-17 2023

Pesepak bola Timnas Jerman mengangkat trofi juara usai berhasil mengalahkan Timnas Prancis pada pertandingan babak final Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/12/2023). Foto: Antara/Kabartiga.id

KABARTIGA.ID, JakartaJerman berhasil meraih gelar Piala Dunia U-17 2023 setelah mengatasi Prancis dalam adu penalti dengan skor 4-3 pada pertandingan final yang digelar di Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu (2/12/2023) malam.

Pada final Piala Dunia U-17 2023, Jerman mengambil inisiatif menyerang pertahanan Prancis sejak awal. Meskipun mencetak gol pada menit kedua melalui Paris Brunner, gol tersebut dianulir oleh wasit karena Max Moerstedt berada dalam posisi offside.

Bacaan Lainnya

Tujuh menit berikutnya, Max Moerstedt kembali meneror gawang Prancis. Namun, upayanya masih dapat diantisipasi oleh kiper Prancis, Paul Argney.

Noah Darvich mencoba membahayakan gawang Prancis pada menit ke-15, namun tendangannya belum cukup mengancam.

Pada menit ke-22, Prancis mencoba menyerang melalui Saimon Bouabre. Namun, tendangannya masih bisa digagalkan oleh kiper Jerman, Konstantin Heide.

Petaka bagi Prancis terjadi pada menit ke-29. Wasit memberikan penalti setelah Aymen Sadi melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Paris Brunner yang menjadi eksekutor berhasil menjebol gawang Prancis.

Jerman terus menekan pada menit ke-37 melalui Max Moerstedt, tetapi kiper Prancis kembali menggagalkan usahanya.

Prancis hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-42 melalui Yvann Titi, namun sundulannya masih melebar di atas mistar gawang Jerman. Hingga babak pertama berakhir, tidak ada gol tambahan dalam final Piala Dunia U-17 2023 ini.

Memasuki paruh kedua final Piala Dunia U-17 2023, Jerman tetap menekan gawang Prancis. Pada menit ke-51, Noah Darvich berhasil menggandakan keunggulan Jerman setelah memanfaatkan umpan silang Max Moerstedt dengan tendangan dari sudut sempit.

Dua menit kemudian, Prancis akhirnya mampu menyamakan kedudukan melalui Saimon Bouabre. Gol tersebut tercipta setelah menerima operan dari Nhoa Sangui yang berhasil merobek gawang Jerman.

Namun, pada menit ke-69, Jerman mendapat kesulitan setelah Winners Osawe mendapatkan kartu kuning kedua dan diusir wasit karena melakukan pelanggaran terhadap Ismail Bouneb.

Unggul jumlah pemain dimanfaatkan Prancis. Pada menit ke-85, Mathis Amougou berhasil mencetak gol penyeimbang setelah memaksimalkan umpan dari Tidiam Gomis.

Meskipun Jerman mendapatkan dua peluang di menit akhir melalui Moerstedt (90′) dan Ododu (90+1′), tembakan mereka tidak menemui sasaran.

Sementara itu, Prancis hampir mencetak gol melalui Sangui pada menit 90+2′, namun tendangannya berhasil diantisipasi oleh kiper Jerman.

Hingga peluit panjang berbunyi, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Laga akhirnya harus dilanjutkan ke adu penalti.

Jerman akhirnya meraih gelar Piala Dunia U-17 2023 setelah memenangi adu penalti dengan skor 4-3 atas Prancis. Empat eksekutor Jerman berhasil menjalankan tugasnya, yakni Robert Ramsak, Max Moerstedt, Fayssal Harchaoui, Almugera Kabar, sedangkan Eric da Silva Moreira, Paris Brunner gagal dalam eksekusinya.

Adapun tiga eksekutor Prancis yang berhasil adalah Joachim Kayi Sanda, Ismail Bouneb, Joan Tincres. Sementara Nhoa Ryan Sangui, Bastien Meupiyou, dan Tidiam Gomis gagal mencetak gol.

Gelar ini menjadi yang pertama kali diraih oleh Jerman dalam sejarah Piala Dunia U-17. Sementara bagi Prancis, ini pertama kalinya mereka meraih peringkat kedua dalam Piala Dunia U-17.

Sumber: Bola.com
Editor: Albet

Pos terkait