Minum Kopi Tanpa Gula Bisa Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Minum Kopi Tanpa Gula Bisa Turunkan Berat Badan. Foto: Dok Halodoc/Kabartiga.id

KABARTIGA.ID, TanjungpinangKopi, sebagai minuman yang populer di seluruh dunia, terkenal dengan rasa nikmat dan aroma khasnya. Kandungan kafein di dalamnya memberikan efek stimulan bagi tubuh. Namun, di banyak kedai kopi, minuman kopi sering kali dihidangkan dengan jumlah gula yang signifikan.

Hal ini patut diperhatikan karena konsumsi gula berlebihan dapat berdampak pada peningkatan berat badan.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya, kopi tanpa tambahan gula, susu, atau bahan lainnya, memiliki jumlah kalori yang sangat kecil. Oleh karena itu, minum kopi tanpa gula dapat menjadi alternatif baik bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, artikel mengenai Manfaat Kopi Tanpa Gula dan Efek Sampingnya bisa menjadi bacaan yang informatif.

Pentingnya Memeriksa Kandungan Gizi Kopi

Meminum kopi tanpa gula dapat membantu mengurangi asupan kalori secara signifikan. Satu sendok teh gula setara dengan sekitar 16 kalori. Jika dalam sehari Anda minum tiga cangkir kopi dengan tambahan satu sendok teh gula di setiap cangkir, maka asupan tambahan kalori adalah 48 kalori per hari. Dengan menghilangkan gula dari kopi, Anda bisa menghemat sekitar 336 kalori per minggu, atau setara dengan 1.344 kalori per bulan.

Selain itu, kopi tanpa gula dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Kandungan kafein dalam kopi dapat mempercepat proses metabolisme, membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Tak hanya itu, kafein juga dapat meningkatkan performa saat berolahraga, yang pada akhirnya akan membantu dalam pembakaran kalori lebih banyak selama latihan.

Di bawah ini adalah kandungan kalori yang biasanya ditambahkan ke dalam kopi:

– Krim kocok kental mengandung sekitar 101 kalori dalam 2 sendok makan (1 ons, atau sekitar 30 ml)

– Half-and-half (campuran dari setengah susu murni dan setengah krim) memiliki kira-kira 37 kalori dalam 2 sendok makan (1 ons, atau sekitar 30 ml)

– Susu bebas lemak mengandung sekitar 10 kalori dalam 2 sendok makan (1 ons, atau sekitar 30 ml)

– Untuk kopi instan lainnya, informasi nutrisi biasanya tertera pada label kemasan.

Beberapa minuman kopi dapat memiliki ratusan kalori tergantung dari penambahan bahan-bahan tersebut.

Perlu Diingat

Mengurangi konsumsi gula adalah langkah efektif dalam menurunkan berat badan. Gula merupakan sumber kalori yang tinggi, dan konsumsi berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Selain itu, gula dapat memicu pelepasan insulin, hormon yang membantu tubuh dalam memproses gula darah. Jika produksi insulin berlebihan, tubuh akan menyimpan lebih banyak lemak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Perlu diingat bahwa minum kopi tanpa gula hanyalah salah satu dari banyak cara untuk menurunkan berat badan. Tetap menjaga pola makan sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur juga penting.

Tidak hanya bermanfaat dalam menurunkan berat badan, minum kopi tanpa gula juga dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya, seperti meningkatkan fokus dan membantu mencegah beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit gula dan penyakit jantung.

 

Sumber: Halodoc
Editor: Albet

Pos terkait