Luar Biasa, Ini Manfaat Asam Folat bagi Kesehatan Tubuh

Bermacam-macam buah dan sayuran yang mengandung asam folat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Dok. Halodoc/Kabartiga.id

KABARTIGA.ID, JakartaAsam folat sering diidentikkan dengan kesehatan ibu hamil. Namun asupan ini juga krusial bagi semua golongan usia.

Manfaat asam folat bagi kesehatan tubuh sangatlah bervariasi dan penting untuk diketahui. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bacaan Lainnya

Rutin Minum Asam Folat, Berikut Manfaatnya

Asam folat, merupakan salah satu vitamin B kompleks, khususnya B9 yang larut dalam air. Fungsi utamanya adalah sebagai zat pembangun tubuh, mulai dari proses pembentukan sel darah merah hingga produksi DNA. Dalam kondisi seperti itu, zat ini sangatlah bermanfaat, tidak hanya bagi ibu hamil, namun juga bagi semua kalangan usia.

Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan Tubuh

1. Membentuk Sel-Sel Tubuh

Asam folat berperan dalam membantu pembentukan sel-sel tubuh. Zat ini berkolaborasi dengan vitamin B12 dan vitamin C untuk memecah, menggunakan, dan membentuk protein baru. Tak hanya itu, asam folat juga membantu dalam pembentukan sel darah merah dan produksi DNA, yang membentuk fondasi dasar tubuh dan informasi genetik seseorang.

2. Mencegah Kekurangan Darah (Anemia)

Anemia, atau kurang darah, sering disebabkan oleh kurangnya asam folat yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan ini bisa mengakibatkan produksi sel darah merah di bawah normal, memicu kondisi anemia.

3. Mencegah Gangguan Jantung

Asam folat memiliki peran dalam mencegah gangguan jantung dengan mencegah penggumpalan darah. Hal ini menjaga aliran darah normal ke jantung, mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

4. Mencegah Terjadinya Stroke

Kurangnya asam folat dapat berdampak pada terjadinya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, yang mengarah pada risiko stroke karena gangguan aliran darah ke otak.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Konsumsi asam folat secara teratur dapat meningkatkan daya ingat. Gangguan pada aliran oksigen dan sel darah merah ke otak bisa menyebabkan masalah ingatan, yang dapat diperbaiki dengan kecukupan asam folat.

Asam folat dapat ditemukan dalam makanan sehari-hari, seperti hati ayam, daging unggas, alpukat, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, serta buah-buahan seperti jeruk, tomat, pisang, dan melon.

 

Sumber: Halodoc
Editor: Albet

Pos terkait