Diduga Keropos, Ponton Pelabuhan Speedboat Tanjung Berlian Tenggelam

Kondisi ponton yang tenggelam di pelabuhan speedboat Tanjung Berlian, Kabupaten Karimun. Foto: Putra untuk Kabartiga.id

KABARTIGA.ID, Karimun – Ponton keberangkatan di pelabuhan speedboat Tanjung Berlian, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) tenggelam pada Sabtu (27/1/2024) pagi.

Sebelum kejadian, sekitar pukul 01.00 WIB, karyawan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Tanjungbalai Karimun di Tanjung Berlian masih melakukan pemeriksaan. Pada saat itu, air laut berada dalam kondisi pasang, dan dua speedboat penumpang bersandar di ponton.

Bacaan Lainnya

Namun, sekitar pukul 05.00 WIB, petugas bernama Nurfaizin terkejut mendengar suara benda jatuh ke laut. Setelah diperiksa, dia menemukan ponton telah tenggelam.

“Saksi kemudian melakukan pengecekan dan melihat ponton dermaga telah tenggelam,” kata Kanit Reskrim Polsek Kundur Utara, Aipda Riyanto.

Riyanto menyebutkan, berdasarkan keterangan dari Kepala BUP Tanjung Berlian, diduga penyebab tenggelamnya ponton adalah aus pemakaian dan terdapat keropos atau berlobang.

“Kondisi itu diduga menyebabkan air masuk ke dalam ponton pada saat air pasang, sehingga ponton tenggelam,” tuturnya.

Riyanto menambahkan, BUP Tanjung Berlian telah melaporkan kejadian tersebut ke kantor BUP Tanjung Balai Karimun.

“Saat ini sedang menunggu Tim dari BUP Pusat untuk melakukan pengecekan,” ucap dia.

Diketahui, ponton keberangkatan atau kedatangan Pelabuhan Tanjung Berlian diproduksi pada tahun 2006. Sebelum tenggelam, perawatan pernah dilakukan pada bulan April 2023, dengan menguras air kebocoran dan menempel kebocoran pada ponton.

“Saat ini, penumpang dialihkan ke ponton kedatangan, dan jadwal kapal tidak mengalami perubahan,” pungkasnya.

Penulis: Isma
Editor: Albet

Pos terkait