Lolos Seleksi Di Daerah, 70 Putra Dan Putri Kepri Ikut Seleksi TNI AL Tingkat Pusat

KABARTIGA, TANJUNGPINANG – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Danlantamal IV) Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto melepas 70 orang calon Bintara (Caba) dan calon Tamtama (Cata) TNI Angkatan Laut (TNI AL) asal Kepulauan Riau untuk ikut seleksi di tingkat pusat.

Pelepasan Caba dan Cata PK TNI Angkatan Laut Gelombang I Tahun Anggaran 2021 melalui acara militer yang berlangsung di Lobi Bawah Markas Komando Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso Nomor 1, Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (27/4/2021).

Bacaan Lainnya

Ke 70 orang Caba dan Cata PK TNI AL tersebut terdiri dari 25 orang Caba PK pria, kemudian 8 orang Caba PK wanita sedangkan untuk Cata PK berjumlah 37 orang. Hal tersebut adanya peningkatan bagi pemuda dan pemudi Kepri yang berminat menjadi prajurit TNI AL.

Sesuai dengan pembangunan Zona Integritas (ZI) bidang Penataan Sistem Sumber Daya Manusia (SDM) dimana proses pelayanannya mulai dari penerimaan berbasis online serta sistem seleksi yang terbuka dan yang lebih penting tidak dipungut biaya serta dipastikan tidak ada korupsi.

Danlantamal IV mengatakan, sejalan dengan perkembangan organisasi TNI, tentunya dibutuhkan SDM yang berkualitas dan profesional untuk mengawakinya. Oleh karena itu diselenggarakan program penerimaan Caba dan Cata PK TNI AL.

“Program penerimaan Caba dan Cata ini bertujuan untuk mendapatkan calon-calon Bintara dan Tamtama TNI Angkatan Laut yang berkualitas dan professional,” katanya.

Dikatakan Indarto, para Caba dan Cata ini telah melalui berbagai macam seleksi di tingkat daerah dalam masa pandemi COVID-19.

“Hasil jerih payah kalian terbukti dengan lolosnya 70 orang menuju seleksi tingkat pusat,” ungkapnya.

Menurut Indarto, ke 70 orang itu akan melewati beberapa tes di panita pusat diantaranya yakni tes kesehatan jiwa, pemeriksaan administrasi dan tes akademik bagi calon Bintara.

Seleksi tingkat panita pusat gelombang I kali ini dilaksanakan di Satdik 1 Tanjung Uban, dimana disana akan berkompetisi dengan calon dari panitia daerah Lantamal II Padang, Lantamal XII Pontianak, Lanal Sabang, Lanal Lhokseumawe, Lanal Tanjung Balai Asahan, Lanal Sibolga, Lanal Dumai dan Lanal Bangka Belitung.

Ia juga berpesan kepada Caba dan Cata untuk mengikuti seleksi dengan lebih semangat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta patuhi segala arahan dan perintah selama di Satdik-1.

“Harapan saya 70 orang dari Panda Tanjungpinang semuanya lolos dan mengikuti pendidikan Caba dan Cata Gelombang I Tahun Anggaran 2021,” pungkasnya. (Alt)

Pos terkait