Hadir di Kepulauan Riau Ramadhan Fair 2024, DKP Siapkan 500 Kg Ikan Segar

Petugas DKP Kepri sedang melayani masyarakat pada pelaksanaan Pasar Murah di Kab. Bintan tahun 2023 yang lalu. Foto: Dok DKP Kepri

KABARTIGA.ID, Tanjungpinang – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) turut berpartisipasi dalam Pasar Murah sebagai bagian dari Kepulauan Riau Ramadhan Fair (Kurma) 2024.

Kegiatan yang dikoordinir oleh Bidang Pengolahan dan Pemasaran ini diadakan pada tanggal 16-17 dan 22-23 Maret 2024, bertempat di Kawasan Tugu Sirih, tepi laut, Kota Tanjungpinang.

Bacaan Lainnya

Kehadiran DKP dalam pasar murah yang diselenggarakan bersama oleh Pemerintah Provinsi Kepri dan Bank Indonesia (BI) bertujuan untuk membantu masyarakat memperoleh bahan pangan dengan harga yang lebih terjangkau, khususnya selama bulan Ramadhan ini.

“Untuk pasar murah tanggal 16 dan 17 ini, kami telah menyiapkan pasokan ikan segar sebanyak 500 kg, dan kami siap menambahnya sesuai dengan minat dan kebutuhan masyarakat,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Ir. Ade Ovita.

Di sisi lain, Kepala DKP Kepri, Dr. Said Sudrajat terus mendorong Bidang Pengolahan dan Pemasaran serta Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan di Kabupaten dan Kota untuk terus memantau fluktuasi harga komoditas perikanan secara rutin, terutama menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yang sering kali diwarnai oleh kenaikan harga.

“Sejalan dengan arahan Gubernur terkait pengendalian inflasi harga bahan pangan menjelang dan selama HBKN, DKP terus berupaya memastikan ketersediaan stok komoditas hasil perikanan guna menjaga stabilitas harga di pasaran,” ungkapnya.

Selain memberikan akses kepada bahan pangan, khususnya komoditas hasil perikanan dengan harga terjangkau bagi masyarakat, kehadiran DKP Kepri dalam pasar murah ini juga bertujuan untuk mempromosikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Provinsi Kepri, terutama di Kota Tanjungpinang.

“Keterlibatan DKP dalam penyelenggaraan pasar murah adalah bagian dari upaya kami untuk mendorong Gemarikan, seiring dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan lainnya,” jelas Ade.

Ade juga menyebutkan bahwa kegiatan lainnya meliputi Lomba Memasak Berbahan Dasar Ikan, Festival Kuliner, dan kegiatan-kegiatan lain yang dirancang untuk memperkuat peran ikan sebagai panganan utama yang sehat dan bergizi bagi keluarga.

Penulis/Editor: Albet

Pos terkait